Perlu diperhatikan dalam Perawatan Sepatu Kulit

Ketika berbicara sepatu tentu akan teringat cara pakai dan model saat ini. Tapi perlua diingat sepatu perlu perawatan yang khusus loh. Kenapa deikian? karena spatupun butuh perawatan yang memang sangat baik. Supaya kualitas sepatunya terjaga dan awet tahan lama terutama sepatu kulit.

Sepatu kulit sangat riskan bila tidak dirawat dengan baik, seperti pada sepatu kulit tersebut berbau, jamuran dan berbagai macam permasalahan pada sepatu kulit, namun tidak perlu khawatir apabila kita bisa merawatnya, perlu diperhatikan di dalam perawatan sepatu kulit diantaranya sebagai berikut:

Perawatan Sepatu Kulit

Gunakan Semir yang Sesuai Warna

Tindakan menyemir sepatu bertujuan agar sepatu kulit yang Anda miliki tetap cerah seperti pada waktu pertama kali Anda membelinya. Semir sepatu kulit yang ideal adalah semir sepatu dengan warna senada dengan sepatu sehingga warna sepatu tetap alami dan tidak rusak atau menimbulkan retak-retak tipis.

Beberapa contohnya adalah semir Shoe Polish Black dari Giant Flames untuk sepatu kulit berwarna hitam atau produk semir Shoe Polish Brown untuk sepatu kulit berwarna cokelat. Dalam beberapa kasus, Anda juga perlu membeli semir sepatu yang berguna dalam melindungi kulit dari perubahan cuaca terik maupun hujan sehingga penampilan saat mengenakan
sepatu kulit akan tetap terjaga.

Gunakan Tempat Penyimpanan Khusus untuk Jangka Panjang

Setelah 10 menit sejak Anda menyemprotkan pewangi khusus sepatu atau shoe spray, Anda dapat membiarkannya sejenak. Setelah itu, sepatu disimpan pada tempat penyimpanan khusus. Idealnya, tempat penyimpanan khusus bagi sepatu kulit untuk jangka panjang adalah jauh dari tempat lembap atau paparan langsung sinar matahari supaya tidak mudah menjamur, jebol, atau rusak karena perubahan suhu. Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, tempat-tempat penyimpanan kering semacam shoe tree atau shoe saddle sangat recommended untuk menyimpan sepatu kulit dalam waktu yang lama.

Jangan Jemur di bawah Matahari

Sesaat sesudah dibersihkan, sepatu kulit “haram hukumnya” untuk langsung dipaparkan pada tempat bercahaya matahari yang intens, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Hal demikian bukan hanya menyebabkan kulit sebagai bahan baku pembuat sepatu kulit menjadi kusam, tapi juga membuat sepatu kulit mudah retak dan terkelupas.

Selain diangin-anginkan dengan dryer seperti yang BP-Guide singgung pada poin sebelumnya, kipas angin juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengeringkan atau mengangin-anginkan sepatu kulit Anda. Kalaupun Anda terpaksa menjemurnya, jemurlah di dalam ruangan bersuhu normal dan jauhkan dari ekspos pada luar ruangan.

Sudah tau bagaimana cara merawat sepatu kulit? Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *