Penyebab Wajah Kusam Yang Perlu Diketahui

Kulit wajah sering terasa kering, kasar dan warnanya tak merata? Kira-kira seperti itulah kondisi wajah kulit kusam yang sering dikeluhkan oleh wanita Indonesia. Karena itu banyak yang ingin mencari tahu penyebab wajah kusam supaya dapat mengatasi sampai ke akar permasalahannya.

Kulit Susah”Glowing”? Inilah Penyebab Kulit Kusam

Kulit tampil “Glowing” sebenarnya adalah kondisi ideal dimana cahaya mudah dipantulkan karena permukaan kulit yang mulus dan berwarna hampir cerah merata. Sedangkan, kondisi kulit kusam adalah kebalikannya, tekstur kulit tak rata dan bintik-bintik hiperpigmentasi bermunculan (flek hitam).
Wajah kusam umumnya terjadi karena dipicu oleh faktor-faktor ini:

  1. Kulit mengalami dehidrasi berkepanjangan
    Kulit wajah sering terasa kering, kasar dan warnanya tidak merata? Kira-kira seperti itulah kondisi wajah kulit kusam yang sering dikeluhkan oleh wanita Indonesia. Karena itu banyak yang ingin mencari tahu penyebab wajah kusam supaya dapat mengatasi sampai ke akar permasalahannya.
  2. Kulit mengalami dehidrasi berkepanjangan
    Saat kulit kekurangan cairan, kulit kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan ketebalan struktur di bawah lapisan epidermis dan dermis. Bayangkan saja seperti balon udara, balon yang kempes tentu saja tidak terlihat secemerlang balon yang mengembang penuh.
  3. Sel kulit mati menumpuk
    Setiap hari tubuh manusia secara alami membuang jutaan lapisan sel kulit mati di atas permukaan kulit. Tentu saja, jika tidak dibersihkan (eksfoliasi) dengan tuntas setiap hari, sel kulit mati akan menumpuk dan membuat tekstur kulit terasa kasar, tak rata dan susah memantulkan cahaya.
  4. Paparan sinar ultraviolet
    Saat kamu di luar ruangan, sengatan sinar matahari dalam jangka panjang dapat merusak kesehatan jaringan sel kulit. Radiasi UVA dan UVB dapat merusak lapisan kolagen, yang kemudian mengakibatkan tekstur kulit tidak merata (muncul garis-garis halus).
  5. Paparan radikal bebas
    Radikal bebas dari paparan polusi udara, terutama partikel debu dan sulfur dioksida merusak lapisan kolagen di dalam jaringan kulit. Hal ini menyebabkan kulit berkeriput dan kusam.
  6. Kekurangan asupan antioksidan
    Tubuh memerlukan asupan antioksidan dari luar seperti vitamin C, E, Zinc, serta mineral-mineral bermanfaat lainnya. Tanpa asupan antioksidan yang mencukupi, jaringan sel kulit susah menangkal pengaruh buruk dari radikal bebas dan UV.

Nah itulah beberapa penyebab wajah kusam. Temukan informasi lainnya disni. Semoba beranfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *